Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibalik Kecanggihan Teknologi, Ruroh Jadi Sorotan & 6 Alasan Ini Ampuh Membuatnya Viral

Ruroh Jadi Sorotan & 6 Alasan Ini Ampuh Membuatnya Viral - Manusia tentu tak lepas dari bidang komunikasi, bahkan di era yang semakin global seperti saat ini. Tak sedikit masyarakat menjadi kreatif berkat alat komunikasi.  Mulai dari kreatifitas dalam seni maupun bisnis. 

Lewat alat komunikasi kita dapat melakukan banyak hal. Berdagang, berbagi informasi, media pencitraan dan lain sebagainya.  Pasti erat kaitannya dengan media komunikasi yang sudah melibatkan dunia maya. Jika menengok kebelakang sejenak, dulu kita kenal hanya sebatas radio, surat kabar pesawat telepon dan televisi sebagai media informasi sekaligus penghubung manusia dari satu tempat dengan tempat lain. 
Paling unik,inilah cara paling seru cara menjadi terkenal di instagram, menjadi terkenal di sekolah dan juga di dunia maya
Siswa SD Lucu Menjawab Pertanyaan Pak Presiden Joko Widodo.
Sumber: okezone.com
Namun dalam dekade ini  sudah banyak media komunikasi mengalami perubahan dan perkembangan, seperti adanya internet di tengah – tengah kehidupan kita.

Jika kalian tidak asing dengan aplikasi messanger seperti  MIRC, MXIT, Bing dan sederet aplikasi berbasis java yang sempat meramaikan internet mobile, pasti kalian juga akrab dengan nama Friendster, Facebook, Twitter, Path dan jejaring social lainnya. 

Dalam hitungan singkat banyak aplikasi handphone berbasis java kini upgrade dengan versi file lebih baik. Seiring perkembangan alat komunikasi telepon genggam yang semakin canggih, menarik perhatian antar perintis media sosial di internet untuk membuat aplikasi smartphone yang canggih pula. Satu diantara sekian banyak adalah Instagram.

Aplikasi keluaran sebuah perusahaan teknologi startup ini mampu memikat perhatian semua orang. Dengan fitur editing foto yang instan dan mampu membagikan foto dengan tampilan yang menarik, jejaring social ini digemari semua kalangan. Cukup menggunakan hashtag kalian bisa mengelompokkan foto dengan konten yang berkaitan, sekalipun sampai jangkauan internasional. 

Berdiri tahun 2010, aplikasi berbagi foto tersebut mengungguli facebook dengan tatanan yang simple dan akses yang cepat. Tidak hanya dalam foto, instagram juga memfasilitasi upload video dengan mudah.

Seperti cuplikan screen video berikut sempat menggelakkan tawa netizen. Video dari seorang bocah SD bernama Dimas ini menceritakan isi hatinya kepada teman satu kelas bernama Ruroh.
Paling unik,inilah cara paling seru cara menjadi terkenal di instagram, menjadi terkenal di sekolah dan juga di dunia maya
Anak SD yg nembak cinta.
Sumber: tribunstyle.com
Baginya Ruroh sangatlah cantik, lebih cantik dari Reva sinetron Anak Jalanan.Video yang diunggah salah satu pengguna channel youtube Hajar Pamuji itu kini menjadi popular dan merupakan tontonan dalam bentuk video instagram pula.  Di instagram video ini diupload oleh @infia_fact dan sampai sekarang masih hangat jadi perbincangan banyak orang.

Melihat netizen yang antusias dengan video ini akhirnya keluarlah beberapa versi video Dimas dalam wawancara yang berbeda. Video semacam ini sering terjadi di youtube, bahkan beberapa dari mereka mendapatkannya dari Facebook lalu mengunduhnya, kemudian pembuat channel membuat judul yang unik hingga video tersebut viral. Ada video tentang Dimas yang direkam dan diwawancarai oleh gurunya sendiri begitu pula video lain seperti :

Bocah SD di Mabuk Cinta, Bercita – cita jadi Presiden
Setelah Dimas Nembak Ruroh
Cerita Dimas Tentang Ruroh 
Nasihat Bu Guru Dimas & Ruroh
Dimas Menjawab Pertanyaan Subscriber, dll

Uniknya fenomena video semacam ini adalah anak kecil yang sudah mampu menceritakan cinta, meski usianya masih belia. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa gadis SD bernama Ruroh adalah anak yang pendiam dan berprestasi di sekolah, sebaliknya dengan Dimas.  Sempat ditanyai tentang Dimas, Ruroh menjawab bahwa Dimas anak yang usil.

Lain lagi dengan zaman dulu yang jika ada bocah kecil suka dengan teman sekelasnya akan malu – malu menunjukkan ketertarikannya. Paling parah mungkin hanya guyonan atau ledekan yang dilontarkan teman  - teman. 

Kini karena banyak kemudahan bagi anak kecil dalam menginput berita atau hal – hal yang baginya menarik untuk ditirukan pun akhirnya ditirukan. Awal viralnya Dimas & Ruroh ini karena terinspirasi salah satu sinetron yang hits beberapa waktu lalu. Akunya Dimas dia layaknya Boy, dan Ruroh bagaikan Reva.

Bagaimana tidak menggelikan jika mendengar kalimat itu dari seorang bocah SD? Adapaun beberapa waktu lalu juga sempat viral video seorang bocah SD dengan Bapak Presiden, tentu kalian sudah tahu kan?! 

Tapi tentang hebohnya video penyebutan nama ikan tongkol ini diklarifikasi bahwa anak tersebut memang memiliki disleksia yaitu gangguan proses belajar dimana seseorang mengalami kesulitan membaca, menulis atau mengeja. 

Garis besarnya adalah anak berinisial AR itu tidak sengaja menyebutkan nama ikan tongkol dengan ejaan yang salah. Toh begitu, video bocah SD dalam kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan Januari lalu sempat jadi berita hangat yang mengundang tawa.

Sama halnya dengan video yang diunggah oleh Raisa tentang hadiah sepeda di Hari Musik Nasional dari Bapak Jokowi. Ramai ditonton berkali – kali membuat sepeda yang sederhana itupun viral jadi bagian dari update-an Raisa. 
Paling unik,inilah cara paling seru cara menjadi terkenal di instagram, menjadi terkenal di sekolah dan juga di dunia maya
Momen Raisa Mendapatkan Hadiah Sepeda Dari Bapak Presiden.
Sumber: trivia.id
Dari beberapa kejadian di atas, media sosial memang sangat berperan dalam berbagi informasi baik itu positif maupun negatif. Tanpa media sosial seperti instagram video lucu seperti Dimas & Ruroh atau ikan tongkol tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. 

Beberapa diantara kita pun tak selalu berada di depan layar kaca untuk mengetahui berita yang terjadi, namun melalui media sosial-lah hal tersebut tersebar.
Yang perlu dipertanyakan adalah bagaimana hal semacam itu bisa menjadi viral?

Nah, Berikut 6 Alasan Yang Menjadikan Topik Di Atas Viral :

  1. Social Currency
    Adalah rasa bangga kepada diri sendiri dan sependapat dengan konten yang ia dapatkan. Sehingga memiliki niat untuk share konten tersebut kepada teman lainnya.

  2. Trigger
    Disini tentang pemicu konten tersebut, yaitu menarik atau tidaknya sebuah konten bagi pembaca. Jika menarik maka tidak akan mudah dilupakan.

  3. Emotion
    Ada emosi yang didapat dari konten yang dibaca sehingga mampu mempengaruhi minatnya untuk share konten. Misalnya : kagum, tertawa, bahagia dan terhibur.

  4. Public
    Konten mengandung sesuatu yang sudah viral. Banyak orang tertarik membicarakannya sesuai dengan yang sedang terjadi. Poinnya kalian harus siap berkompetisi membuat konten yang lebih berkualitas dengan konten yang sama dan sedang viral juga.

  5. Practical Value
    Memberikan konten yang dapat dipraktekan atau dicontoh oleh pembaca, seperti “cara membuat rujak”. Nah disitu ada gerakan pembaca untuk mempraktekkan.

  6. Story
    Penjabaran konten dengan gaya bahasa bercerita, hindari bahasa baku ya? Konten akan lebih viral jika penyampaiannya dengan bahasa tutur atau lebih personal. Seolah – olah konten tersebut hanya terjadi pada 2 orang saja yaitu penulis dan si pembaca, “aku dan kamu”.
So, apakah sudah paham dengan 6 alasan ini Guys? Intinya jika kalian membuat sebuah konten, pahami beberapa alasan diatas agar kalian bisa membuat konten yang powerfull. Ingat konten tidak hanya tentang artikel, tetapi juga foto, gambar, video atau hal lain yang bisa dikonsumsi sebagai topik baca masyarakat.
Paling unik,inilah cara paling seru cara menjadi terkenal di instagram, menjadi terkenal di sekolah dan juga di dunia maya
Bijaklah menggunakan Social Media.
Sumber gambar: pelangiblog.com
Untuk itu kalian bisa langsung coba ya.. upload video, jadilah yang pertama, percaya diri, dan gunakan banyak media sosial agar jangkauan share kalian juga luas. Eeitss!! Jangan lupa gunakan media sosial dengan bijak ya Guys!! ^-^

2 komentar untuk "Dibalik Kecanggihan Teknologi, Ruroh Jadi Sorotan & 6 Alasan Ini Ampuh Membuatnya Viral"

  1. seketika setelah baca 6 poin di atas, pengen buat video tentang durhakanya aku kepada ibu -_-

    BalasHapus
  2. teknologi memang sangat canggih sekarang ini. apalagi indonesia :D belum sih

    BalasHapus

Semua Komentar Yang Masuk Akan Melewati Proses Moderasi Admin.
So.. Berkomentarlah dengan Cerdas !!!
Terima Kasih

Regards: babangflash™