Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Sinkronisasi Suara Vokal dan Musik Pada Sing Karaoke Smule

Cara Mudah Mengatasi Sinkronisasi Suara Vokal dan Musik Pada Sing Smule - Hai.. selamat datang bagi kalian semua para pencari informasi di dunia maya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi dan tips mengenai cara mudah mengatasi sinkronisasi suara vokal dan musik pada aplikasi android Sing Karaoke Smule.

Perlu kalian ketahui bahwa aplikasi Sing Smule merupakan aplikasi hiburan bernyanyi karaoke gratis yang familiar di tahun 2015 - 2016 ini. Sehingga banyak sekali member-member baru yang mulai memasang app ini di dalam android nya sebagai hiburan pribadi.
Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
Logo Sing Karaoke Smule
Selain untuk hiburan, app sing karaoke by smule juga digunakan oleh member-member yang ingin berduet langsung dengan artis idola nya, baik itu secara video call (antar muka melalui video) maupun hanya berduet melalui suara.

Penasaran? berikut rekomendasi mic yang sangat cocok dan apik ketika menyanyi di Smule:
Tuxun Q7 Microphone Speaker Bluetooth for Smule " Lumayan Mahal, Tapi rasakan sendiri Hasilnya"

Tentunya bagi kalian yang mengunjungi artikel tutorial ini sudah sangat paham dalam pengertian dan kegunaan APP sing smule, jadi kita langsung saja menuju pokok permasalahan yang kalian alami, yaitu: "bagaimana mengatasi Sinkronisasi Suara Vokal dan Musik pada Aplikasi Sing Smule?" atau "Mengapa Suara Vokal Saya Lambat dari suara musik? padahal pada saat karaoke sudah pas" atau ada juga yang bertanya seperti ini: "Mengapa saya kesulitan untuk menyinkronkan suara vokal terhadap suara musik, padahal sudah di otak-atik sampai keujung sinkronisasi, tetapi masih saja delay (seperti mengeja lagu kedengarannya :)) ".

Banyak lagi macam-macam pertanyaan yang sering saya dengar oleh teman-teman pengguna sing smule terkait sinkronisasi suara vokal dan musik di androidnya.

Menurut Analisa pribadi saya, permasalahan yang pertama terletak pada versi android yang kalian miliki, saya sarankan kalian menggunakan versi 4.4.2 (versi Kitkat).
Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
Android Versi Kitkat 4.4.2
Namun terdapat laporan juga bahwa mereka yang menggunakan APP Sing karaoke by Smule ini dengan versi android dibawah 4.4.2 (alias dibawah versi kitkat) tidak ada masalah terkait sinkronisasi suara vokal dengan suara musik, yah paling-paling hanya delay-delay sedikit, dan bisa diperbaiki secara cepat.

Nah...Jika begitu, analisa versi android tidak terlalu mempengaruhi terhadap Sinkronisasi, biarlah itu urusan dari pihak pengembang APP sing smule yang akan memperbarui APP nya.

Dengan permasalahan tersebut, membuat saya memutar otak untuk mengatasinya, dari mencari informasi di pencarian google, pencarian video tutorial di youtube, informasi di bantuan APP sing smule, dan bertanya kepada teman-teman yang sudah lama menggunakan APP ini.

Namun apa yang saya dapat?, hanya nihil dan persepsi yang bermacam ragam yang belum tentu benar untuk diterapkan :) . namun saya tetap berterima kasih terhadap saran - saran tersebut, karena dengan semua itu saya dapat menemukan tutorial seperti ini.

Sebenarnya saya menemui sedikit petunjuk terkait sinkronisasi tersebut melalui informasi di pencarian google. Yaitu seperti:
  1. Spesifikasi tiap smartphone yang berbeda (bukan hanya dilihat versi Androidnya), bisa dikarenakan spec RAM yg berbeda atau dll nya.
  2. Headphone yang digunakan
  3. Jack / lobang konektor headphone
Nah.. ketiga penyebab di atas merupakan rangkuman penyebab yang telah saya analisa dengan baik.

Baiklah, mungkin kalian sudah tidak sabar untuk mengetahui solusi yang tepat dalam mengatasi sinkronisasi suara vokal dan musik pada Sing Karaoke Smule.

Oh iya, sebagai petunjuk, bahwa smartphone yang saya gunakan adalah smartphone Samsung galaxy dual core, jadi diharapkan kalian dapat menyesuaikan jika kalian menggunakan smartphone yang berbeda, agar tutorial kali ini dapat berhasil juga diterapkan pada smartphone kalian. Amin.
  1. Hapus Cache APP sing smule kalian, dengan cara pilih Pengaturan > manager aplikasi > pilih APP Sing Smule > lalu pilih hapus data. (cara ini tidak berpengaruh dalam terhapus nya APP sing smule, jadi wajib dilakukan). Baca juga Cara Aman Bersihkan Cache Android
    Contoh nya seperti gambar dibawah ini.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  2. Sekarang login ulang kedalam APP sing smule, lalu lakukan play test, saya sarankan gunakan lagu yang bertempo / beat cepat, seperti lagu American Idiot dari green day. 
    Jika berhasil ! Selamat.. berarti smartphone kalian tidak cerewet seperti yang saya bayangkan :). Lanjutlah bernyanyi.
  3. Jika masih gagal, coba ulang dengan lagu yang bertempo / beat lambat, seperti judul lagu berdua saja dari band payung teduh. Apakah berhasil?
    Tentu tidak berhasil, karena lagu yang bertempo laju saja tidak berhasil, apalagi yang lambat :). Namun jika cara di point ke 3 ini berhasil. Wow.. saya ucapkan selamat.... karena di luar yang saya bayangkan. Lanjutlah bernyanyi ;) .
  4. Jika point 1 2 3 tidak memberikan efek yang baik terhadap sinkronisasi suara vokal dan music, jangan berkecil hati, karena saya telah menyimpan alternatif lain yang 80 % berhasil jika diterapkan.
  5. Baiklah.. kalian kembali lagi pada cara yang di point nomor 1 dan 2.
  6. Karena kalian sudah membersihkan cache, maka settingan sinkronisasi suara vokal dan musik kembali pada settingan default, seperti gambar dibawah ini.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  7. Play test dengan lagu yang kalian suka, saya sarankan kalian memilih lagu dengan judul Berdua saja dari band Payung Teduh. Mengapa??? Karena saya sangat suka dengan lagu yang satu ini, hehehe ditunggu kolabnya jika cara ini berhasil :)
  8. Jadi caranya seperti ini.
    pastikan ketika kalian mulai bernyanyi lepaskan headphone / alias jangan menggunakan headphone, lalu kalian bernyanyi selama 30 detik untuk melihat hasilnya, (pakai saja suara yang false, karena ini hanya sebagai tester).
  9. Jika sudah 30 detik, klik panel "pause" yang terletak tepat di pojok kiri atas smartphone kalian, jika kalian tidak tahu dimana tombolnya, perhatikan gambar dibawah ini.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  10. Lalu pilih "simpan dini".
  11. Nah... Maka kalian akan dibawa pada laman menyinkronkankan suara vokal dan musik. Kalian coba dengar baik-baik hasil rekaman kalian barusan tanpa headphone (jangan terpengaruh dengan hasil rekamannya, karena ini hanya tester), jika sudah tidak delay alias sudah pas, kalian coba dengar kan hasil rekaman tersebut menggunakan headphone, apakah sudah terdengar pas sinkronisasi nya?
    Jika sudah pas.. Selamat... kalian sedikit lagi dapat mengatasi nya jika merekam lagu dengan menggunakan headphone.
  12. Baiklah.. lanjut ke tutorial selanjutnya..
    yaitu bersihkan lagi cache Sing Smule nya alias kembali lagi pada cara 1 dan 2.
  13. Setelah itu pilih lagu yang kalian inginkan (dalam keadaan headphone terpasang). Lalu ketika screen aba-aba mulai bernyanyi 1.... 2.... 3..... telah muncul. Bersiap-siaplah untuk melepaskan headphone dari smartphone kalian.
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  14. Ketika intro musik sudah mulai atau durasi detik sudah melewati angka 00:01 detik segera lepaskan headphone kalian.
  15. Maka akan muncul panel options seperti gambar dibawah ini. lalu yang harus kalian lakukan adalah memasang kembali headphone kalian. Lalu pada panel options tersebut, kalian pilih lanjutkan "bernyanyi".
    Cara Mengatasi Suara Atau Vocal Balapan Smule | Cara Mengatasi Suara Telat Di Aplikasi Smule | Cara Mudah Sinkronisasi Vocal dan Music di Sing Karaoke Smule.
  16. Bernyanyilah dengan serius alias sampai selesai. Maka setelah kalian selesai menyanyikan lagu tersebut, kalian akan dibawa pada menu penyetingan efek dan sinkronisasi suara vokal dan musik.
  17. Kalian akan terkejut seperti saya yang kaget ketika menemukan cara ini dalam kurun waktu 1 malam hehehehe, karena suara vokal dan musik sudah harmonis 100 %.
  18. Jika kalian sudah berhasil dalam fase ini, saya haturkan beribu-ribu kali selamat bagi kalian. Cara ini berlaku juga terhadap metode bernyanyi video call alias bernyanyi duet dengan video.
  19. Sekarang kalian lanjut pada lagu yang lainnya. dengan metode sama yang saya bagikan di atas.
Jika berhasil.. Jangan lupa ya untuk follow akun Smule saya Disini , agar kita bisa saling berbagi dan kolab bareng :)
Bagaimana? semoga berhasil ya...

Saya rasa tutorial yang seperti ini hanya bisa kalian temukan di babang flash, karena pada saat sebelumnya ketika saya membuat artikel ini, saya telah survey di sana - sini, ternyata belum ada manusia yang berbagi tentang hal ini, adapun yang berbagi caranya tidak berhasil saya terapkan di smartphone saya, tapi mungkin dapat berhasil diterapkan pada smartphone kalian.
Update: Bagi kalian yang benar-benar kesulitan menyingkronkan sound tersebut, berikut saya rekomendasikan smartphone yang benar-benar cocok digunakan untuk smule, Baca penjelasannya Di sini "Expired"
Jika tidak berhasil maka nasib kita sama, dan tutorial inilah yang dapat membantu kalian dalam memcahkan masalah sinkronisasi suara vokal dan musik pada APP Sing Karaoke Smule :) . Jika kalian mengetahui tutorial yang lebih simple jangan lupa untuk dibagikan juga ya,, ditunggu :)

Oh iya.. Bagi kalian yang bosan selalu untuk join ke room orang lain alias member non VIP, berikut artikel yang wajib kalian baca, yaitu Cara Gratis Jadi Member VIP Pada Smule

Oke... Demikian artikel ini, semoga apa yang saya bagikan benar-benar dapat bermanfaat bagi kalian semua, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Jika terdapat saran, pertanyaan, sanggahan dan lain-lain, dapat kalian cantumkan ke dalam kotak komentar dibawah ini.

Terima kasih..

Bantu Share ke sosial media kalian ya :) agar semua pengguna Sing Karaoke Smule dapat tahu.

119 komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Sinkronisasi Suara Vokal dan Musik Pada Sing Karaoke Smule"

  1. trimakasih mas, sangat membantu sekali, Dulu aku gak tau ngatasinya, jadi aplikasinya langsung ku uninstal. hehe sekarang mau coba lagi, soalnya dengan aplikasi ini saya sangat terhibur, tanpa harus nyewa ruang buat karoke, di dalam kamar pun saya bisa karokean :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, dulu 2015 sempet juga saya uninstal, tapi berhubung temen" pada banyak maen smule. jadi kembali lagi, dan berjuang 2 malam untuk nemuin celah sinkronisasi ini, hehehehe.
      Terima kasih kunjungan nya, selamat bernyanyi ria. :)

      Hapus
  2. Kalo kita menghapus data di manager aplikasi tersebut apakah setelah itu rekaman dan pertemanan yang ada dismule terhapus juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tanggapan nya.
      menghapus data tidak menyebabkan terhapusnya rekaman
      atau follower mbak .
      hanya ketika login, mbak harus kembali login sperti awal.
      jadi tidak masalah, saya biasa melakukan hapus data seminggu sekali, agar tidak banyak memakan ruang penyimpanan.
      semoga pencerahan ini membantu. :)

      Hapus
  3. sangat membantu iformasinya bang, terima kasih,nanti saya coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mbak miss.
      Terima kasih juga kunjungannya.
      :)

      Hapus
  4. Nah.. ini sangat membantu , terimakasih babang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi.. selamat ber karaoke ria...
      jangan lupa follow akun smule babang ya :)

      Hapus
    2. Smule sya gk bisa d gunain,saat join vidio blm sampai selesai kok macet,keluar tlisanya sayangnya smule telah berhenti.penyebabnya apa ya mohon pencerahan. Sya pakek android lolipop.

      Hapus
    3. Kalau boleh tahu smartphone nya type apa?

      Hapus
  5. samsung core 2 hasillnya nihiilllll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lagi gan.. soalnya sy nemu cara nya di samsung dual core..
      semoga bermnfaat

      Hapus
  6. kira2 klw samsung j5 bagus gx y hasilnya..ad yg tau..???

    BalasHapus
  7. Pas waktu coba seperti masnya bisa lagunya..pas sama musik.tapii apa harus ulangi lagi kyk itu caranya setiap mau nyanyi..soalnya saya coba lagu baru..kmbali lemot kyk dulunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... untuk lagu baru, ulangi metode tersebut, biar vokal sma musik bisa sinkron lagi.
      selamat mencobaIya mbak... untuk lagu baru, ulangi metode tersebut, biar vokal sma musik bisa sinkron lagi.
      selamat mencoba

      Hapus
  8. sya biarpun pakai headset ataupun earphone tetep gak ada suara saya, gak bisa ngerekam. kalau gak pake suaranya tabrak2 an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mbak?
      emg mbak pake andro versi berapaan? kalau saya bleh tahu.
      terima kasih kunjungannya. :)

      Hapus
    2. mas suara saya saat bernyanyi kenapa tidak kedengaran di speker/ earphone, klu HP Iphone saya bisa android teman saya versi 4.4..... aplikasi yg mana di dwonload..maksih

      Hapus
  9. kalo pengaturan pc bluestark?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sebelumnya mas.
      kalau untuk bluestack saya belum pernah nyoba mas..
      emg gak sinkron juga y musik ama vokal kalau di blue stack?

      Hapus
    2. Iya mas ku jg pake bluestack di pc. Kejadiannya jg sama. Suara sma lagunya kagak sinkorn

      Hapus
  10. Mas kira-kira kenapa ya tiap selesai kolab gtu, hasil rekaman utk bagian yg saya nyanyikan tdak terekam, smntra orang lain ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nyoba ganti headset? btw smartphone nya merck n type apa?

      Hapus
  11. Aku mau tanya nih, smule nya mnta di perbarui, tpi giliran mw di perbarui ga ad pembaruan di apk nya. Tpi kalo di buka smule ny minta di perbarui.. itu knapa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba atur setingan play storenya,
      Jadikan perbarui aplikasi secara otomatis > Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui wifi.

      Kalau minta perbarui, coba hapus data smule, lalu login dari awal.
      Semoga membantu.

      Hapus
  12. Permisi kalau aq punya Xperia c3 kalau mau nyanyi suara putus2 juga suara dari jauh kedengaran masuk semua..Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat dari keluhannya sih,, sepertinya masalahnya ada di microphone headset atau earphone nya.
      Jadi input suara yanng dihasilkan kurang memuaskan, btw headset nya bawaan dari Xperia nya atau bukan?
      Terima kasih kunjungannya

      Hapus
    2. Iya nih bang gwa jga pke s3,sama suara musik mau nyanyi putus2 kya cd bajakan gitu,padahal earphone ori,sinyal kuat,dan sudah berbagai macam cara di coba ttep ja hasilnya gk berubah...

      Hapus
  13. Sama punyaq S2 juga sama..

    BalasHapus
  14. Bang caanya agar tidak mengulang-ulang metode tersebut gimana ?? Apa harus instal ulang ke versi kitkat 4.4.2 ?? Smartphone saya asus fonepad 7 lolipop..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smartphone samsung dual core juga gitu bang, gak usah diinstal ulang bang, ya mau enggak mau metode tusuk lepas harus diulang-ulang,, kalau nemu cara yang lebih baik, bagi-bagi kesini juga ya bang, gak enak juga setiap ganti lagu mesti tusuk lepas headphone, heheheh.
      semoga bermanfaat :)

      Hapus
  15. Mas trouble saya pass saya mau mulai aba"123 eh lirik.a ngga mw jalan klo bgitu gmn masss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitu mas, karena pas mas lepas tu headphone, keadaan smule akan langsunng mem "pause" sendiri, langkah berikutnya mas colokin kembali headphonenya, lalu pilih "resume" atau "lanjutkan", seperti pada point 15 yang telah saya jelaskan diatas.
      Semoga dapat dipahami, dan terima kasih atas komentarnya :).

      Hapus
  16. saya mau nanya gak masalah kan kalau sing smule pake headset bluethooth?

    BalasHapus
  17. Malam mas maaf mo nanya hp saya S7 Edge, apakah ada cara lain utk sinkronisasi suara tanpa cabut colok jack headphone? Juga pd saat selesai nyanyi suara sy kecil sekali saya sudah coba hapus data pd aplication manager sampai dgn install ulang bahkan saya sdh coba cabut colok jack masih tetap seperti itu tp klo buat dengerin OC yg sdh ada suara normal, help me Babang

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini hanya cara colok lepas jack yang efektif dalam mengatasi sinkronisasi suara,
      saya sarankan, coba mas kirim masukan terhadap pengembang smule,
      soalnya yang saya tahu untuk hp s7 edge bisa menggunakan smule tanpa harus melakukan hal yang mas lakukan.
      ya ... sepertinya ini dulu saran saya, semoga bisa memberikan pencerahan.
      Sekian terima kasih.

      Hapus
    2. Lancar mas terimakasih,kalau boleh tau yang mas pakai efect apa ?? Kalau pakai studio kayak kurang efect treebel nya ??

      Hapus
    3. Wah..baguslah kalau lancar..
      kalau saya sih biasanya pakai efect polish.
      lebih gimana gitu,, hehehe
      lumayan dapat menyulap suara vokal saya yang hancur :)

      Hapus
  18. Tips nya dong yang enak posisi mulut kita d depan headset hrus gmna ya(jrak nya.dsb.) supaya hasil rekaman ny nggak kresek kresek....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah itu, harus eksperimen sendiri mas.
      soalnya setiap spek headphone berbeda-beda.
      kalau pengalaman saya sih, untuk suara yg enggak kresek-kresek, mic headphone / headset berada dekat leher (tepatnya dekat jakun), ditambah pake effek polish saja.
      Semoga membantu mas :)

      Hapus
  19. mas, ku pake samsung core 2. tapi gagaaaaaal

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. padahal saya juga pake samsung core 2 loh mas ;).
      coba ulangi langkahnya dengan teliti.
      Semoga membantu

      Hapus
  20. Tuk samsung J7 pa emang g bisa video smule ya mas???

    BalasHapus
  21. Klo saya suara tidak singkron,udah coba petunjuk yg di atas tetapi tetap saja,mohon petunjuk nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diulangi langkah"nya,, soalnnya yang laen udah pada normal.
      Memang type hpnya apaan?

      Hapus
  22. Bang ane 1 menit diawal vokal nya singkron baek baek aja. Pas udah kesana nya gajelas, balapan vokal sama instrumen nya. Gitu mulu.. Nyoba tes tanpa headset yang 30 detik berhasil. Trus nyoba pake headset yang dicabut terus pasang lagi berhasil diawal tapi semenit kesana nya acakadut lagi. Cache sama data udah dihapus. Tolong dong bang ane lagi suka nih sama smule, lah malah begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba,, pada saat ngelepas headsetnya pada detik 00:01 lagu, lalu segera pasang lagi,, lalu klik resume.
      Biasanya, kalau udah sinkron di awal, sampai akhir pun bakal sinkron,,
      Coba lagi dengan lagu yang bertempo beat rendah.

      Hapus
    2. Key bang saya coba lagi. Tapi kalo saya perhatiin, rekaman saya terpotong potong bang.. Jadinya loncat. Vokal saya jadi nya maen duluan. Nah sebenernya emang masalah saya pas ngga singkron tuh vokal saya selalu maen duluan. Selalu di depan haha

      Hapus
  23. Bang, smule saya kalo pas rekaman pake headset kok jd jelek ya suaranya? Kalo dicopot, suara vokalnya lebih bagus, lebih halus, tapi efeknya suara musiknya jadi kedengeran 2 kali dah.
    Ohiya satu lagi, smule saya tdk bisa ngrekam video! Hadeh payah dh. Kira2 kenapa ya bang? Sebelumnya terimakasih banyak ya bang.

    Saya pake Meizu M2 Note android 5.1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya jeleknya itu yang bagaimana mas?
      Kalau masalah tidak bisa merekam video, memang beberapa HP ada yang tidak bisa merekam video, seperti HP samsunng J1 temen saya, panel ngerekam video nya gak muncul.

      Coba nyanyi ulang, lalu pilih efek Polish, kalau ngerekam enggak pake headset, ntar suara musik nya bakalan ke timpa...

      Semoga membantu

      Hapus
    2. Jeleknya tuh nggabisa jernih bang. Suaranya kyk org lagi nelfon gitu loh. Walau sudah pake efek, ttp aja. Sudah coba berkali2, juga pake headset yg beda, ttp aja begitu. Di hp temen saya juga, Lenovo A2010. Apa gara2 peletakan microphonenya yah yg salah? Biasanya saya sih letakkan normal, di pipi kanan.

      Ohh begitu, jd ada beberapa yg nggabisa? Menurut abang, apa kedepan developer bkal kasih update buat semua android biar bisa video recording yah? Saya suka bgt aplikasi inii.. Malah pake nggabisa segala (curhat hahaha)

      Hapus
    3. Kalau masalah begitu, coba pas nyanyi, mic nya didekat leher aja.

      Untuk perihal video, coba aja kirim masukan ke develophernya langsung, saya udah pernah nyoba pake beberapa akun email kloningan, agar semakin banyak yang mengeluh, semakin cepat di tanggapi terkait beberapa merck type HP yang enggak bisa ngerekam video.
      Semoga membantu. :)

      Hapus
  24. tegkiu mas bro,..informasinya ajib banget,..masih trus coba memahami,.maklum msh baru,. hehe,..

    BalasHapus
  25. maaf kalau saya mau nanya " kenapa hasil rekaman saya , pas diputar suara yang terdengar ga mirip suara saya ? " malah terdengar seperti aki2 kadang seperti suara orang yang sedang berada di tepi pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba menggunakan head set yang lain belum?

      Hapus
  26. suara saya kok gak bisa terekam ya mas? padahal suara musiknya bisa. dari pagi tadi seperti itu mulu. mohon pety juknya

    BalasHapus
  27. kalo saya pake apk Bluestack di PC, tapi ko pas ngerekam suara saya nggak ada? suara musiknya mah ada? itu bagaimana mas? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk perihal bluestack, coba baca-baca dulu di FAQ nya smule.
      Semoga membantu

      Hapus
  28. Bang supaya suara sendiri bisa terdengar di headset seperti iphone gimana caranya bang? Soalnya headset yang saya pake kedap suara bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu suara nya enggak kedengaran, pada saat nyanyi atau pada saat selesai menyanyi ( sunting FX atau segala macam ) ?

      Hapus
    2. Pada saat bernyanyi bang, mohon bantuannya bang

      Hapus
    3. mungkin kurang nyolok headsetnya ke hp , sy jg pernah bgitu , kurang nyolok pas nyanyi ga ada suara saya , trs dicolok sampai mentok suara sy kedengaran

      Hapus
  29. wak wak..byk yg komplin nih. aku hny menggunakan evercoss elevet y A66a. versi 4.2 jely beand aja bersih banget tuh suaranya. cuman ganti hedset yg bermerek Tdk. harganya 250 ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas? maksudnya komplain apa ya?
      tentang HP atau headsetnya? :)

      Hapus
  30. Kak aku mau tnya, suara aku ga pernah keluar pas nyanyi di smule.. Ntah kenapa, udah di ubah2 audio effect nya tetep ga ngaruh..padahal di HP sblmnya bs kak, udah ikutin cara2 yg lainnya tetep ga bs jg.. Tlg petunjuknya ya kak, makasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas nyanyi, memang suara penyanyi enggak kedenger di HP, suara penyanyi kedengar pas waktu sudah di posting.
      Tapi kalau memang waktu diposting masih saja tidak keluar suaranya,
      coba di lagu yg lain, atau check dengan headset yang sesuai dengan jenis HP mas fahmi barusan.
      Semoga membantu :)

      Hapus
  31. Trima kasih agan admin.
    Setelah saya coba di hitungan ke 3.2.1 saya cabut jek headset nya.trnyata berhasil.vocal sync dngn lagu.karna saya memakai core 2..
    Makasih gan admin atas saran nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mas shamir, terima kasih kembali.
      Jangan lupa baca artikel yang lain jga yah.
      Siapa tahu bermanfaat. :)

      Hapus
  32. min mau nanya.. kenapa pas nyanyi di smule kok langsung masuk nya di google voice ya?? mnnta solusinya dong min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru denger tu..
      Coba saya lihat screen shotnya.

      Hapus
  33. Salam, mas mau tanya, sesudah nyanyi, (di preview) setting timing nya sudah pas dengan tempo lagu, kemudian proses saving, tp setelah di upload, voice nya jd ada delay, hp saya normal, ram normal, processor normal, os lollipop, headseat sy pakai nokia yg ori' krn lebih jernih, mohon pencerahan.. trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam.

      Kasus mas sama apa yang pernah saya alami ketika pertama kali gunakan smule,
      Memang ada beberapa lagu yang pas, dan ada yang pas di awal, lalu Delay di pertengahan / akhir.
      kalau begitu, coba ikuti langkah 13 - 16 di artkel ini.
      Semoga membantu

      Hapus
  34. Maaf oot, saat sedang loading join dengan babang misalnya terus terputus sinyal dan cuma dapat setengah lagu, gimana caranya supaya dapat full seluruh lagu? Loading ulang dari awal bahkan sampai restart hp tetap dapat secara lagu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana waktu start / berjalananya proses record, dan terjadi sinyal putus, maka karaoke hanya terekam di bagian lagu yang saat terakhir terputus. kalau mau dapat rekaman full, disarankan rekaman ulang saja.
      Semoga membantu :)

      Hapus
  35. Wah, infonya sangat menarik. Saya mau coba, soalnya kasus sama type hpnya sama nich. Suara sama musik suka nggak sinkron. Makasih ya mas ...

    BalasHapus
  36. keren min infonya. thanks.. ane pke jelly bean alhmdulilh lncar.. cmn ga bisa video wkwkwkss .cukup audio ja lah.. hehe.

    BalasHapus
  37. Mas kenapa yah di A5 2016 suara saya gk terdengar di headset nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak terdengar waktu merekam atau gak kedenger pas editing (pra posting). ?

      Hapus
  38. Mas ini gimana ya saya nyanyi ko tiba" ke loncat sendiri sedetik gtu .jdi mskipun pake sinkron yg dibawahnya itu gabusa soalnya tiba" kepotong sedetik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca dulu tutorial di atas. soalnya sudah terangkum semua..
      Terima kasih kunjungannya

      Hapus
  39. Mas bro saya mau tanya nich .. smule saya sering ngelag saat join lagu setelah upgrade ke marshmallow ..
    Tp buat putar lagu oke2 saja .. cuma pas join mesti suaranya tersendat2 .. tolong beri sulosi..

    BalasHapus
  40. hp samsung core duo tidak bisa mas pakai cara anda ada kah solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tanggapannya.
      tapi solusi yang saya temukan menggunakan samsung core duo loh mas :) .
      Coba di baca lagi dengan seksama.

      Hapus
  41. Saya sudah ikutin cara diatas tp cuma singkron sbentar doang kurang lbih 1 menit,, setelah 1 menit kedepan delay lagi alias gak singkron... Ada cara lain bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap dicoba lagi mas, dengan lagu yg berbeda.

      Hapus
  42. Terimakasihh. Sangat membantu gan 😄 semoga sinkron trs gk delay2 lagi wkwk

    BalasHapus
  43. Dulu wktu masih versi lollipop bagus2 aja..tpi pas hbis d upgrade jadi marshmallow suaranya suka ga sinkron..koq bisa gtu yaa??

    BalasHapus
  44. sorry mas punya q udah coba kaya gitu ko sama aja ya
    padahal adroid saya udah Marsmellow
    tapi ttp aja..
    padahal waktu baru rekam bagus
    giliran udah jadi di unggah delay lagi..

    tolong dong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. eksperimen untuk perangkat yg menggunakan android marshmallow sedang dilakukan.
      karena mmg banyak keluhan di android tersebut.
      terima kasih mas

      Hapus
  45. bang kenapa setiap sedang bernyanyi tiba² lagu terpotong begitu saja, padahal saya sudah hapus cache aplikasinya. Tapi setelah saya coba lagi mengapa masih terpotong? apa permasalahannya?

    #trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah berlaku untuk semua lagu? atau hanya lagu tertentu saja?

      Hapus
  46. malam,bro. kalau kita hapus data ,apakah rekaman di smule tidak akan hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam juga..
      Tidak mas, menghapus cache hanya membuat kita log in ulang ke akun smule.

      Hapus
  47. Waktu di sinoronisasi suara sama musik sdh sinkron. Tapi waktu diunggah suara jd delay lg. Kenapa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa itu maslah jaringan yg kurang bagus

      Hapus
  48. gokil, work gan, hatur nuwun pisan

    BalasHapus
  49. Mas punya aq setelah ganti pake j7 2016 suaranya gak bisa ke record udah ganti headset 3x tetep gak bisa..padahal headsetnya klo dipake telp atau vn bisa...os marshmllow

    BalasHapus
  50. terimakasih Bang Guido keren

    BalasHapus
  51. Mas, gimana ya cara memperbaiki smule yang tidak mau merekam dikarenakan tidak ad jaringan, padahal sinyal internet kuat?

    BalasHapus
  52. py saya oppo find 7a ko msalahnya blom kelar jg msh tetep gk singkron ??
    tolong solusi.a gan ??
    apa sim card pengaruh ke delay suara pas rek ..
    soalnya sya pk 3

    BalasHapus
  53. Mas..maaf nih tanya2, habisnya aku desperate banget. Smule ku kalo buat self collab/record group ga bisa ngesave, pasti ada tulisan "headphone are required....." padahal ngrekamnya udah pake headphone . Pdahala kalo mau bikin record solo dan duet bisa ngesave, giliran group ga bisa..itu kenapa ya mas? Fyi, hapeku samsung J7 dan kayaknya ga bisa buat video smule juga :(

    BalasHapus
  54. Makasih
    Joss buanget infonya gan.....
    Saya nyoba... Bisa

    BalasHapus
  55. Sebenarnya mudah untuk sinkron suara dgn musiknya,tutorial diatas ada manfaatnya jg dan sy ada cara lg buat sinkronin ini dr hasil otak atik sendri,caranya pilih lagu yg ingin dinyanyiin pastikan hadset dipakai lalu coba nyanyilan lagu yg dipilih nyanyikan sebentar saja kl gk sinkron ulangi lg dgn cara kurangi volume hp contohnya umpama yg pertama (----)vol4 kurangi jd 3(---)menurut aq itu juga bs buat sinkron antara vocal dan musik.moga masukan ini ada manfaatnya dan berhasil

    BalasHapus
  56. Selain cara diatas ada cara lg coba pilih lagu yg akan dinyanyikan trus coba nyanyikan gk usah sampai selesai trus coba dgarkan hasilnya kl gk sinkron ulangi lg bernyanyi tp coba volume hp dikurang misalkan yg pertama tp bernaynyi dgn volume (----)4 coba kurangi 1 jd gunakan volume (---)3 ini cara aq buat sinkron vocal dgn musik aq dah gunakan cara ni 1th lbh hasilnya memuaskan,jgn lupa follow smule ane si_b0y hehe..

    BalasHapus
  57. Misi bang kalo smule saya semua normal login pun juga cepat tapi saat habis hitungan mulai bernyayi langsung macet dan lambat bahkan sura nya pun ta jelas kenapa ya, sudah berkali kali hapus data dan dan hapus aplikasi tetap sama

    BalasHapus
  58. pke heandset samsuung bisa kgk ya

    BalasHapus
  59. Aslkm
    saya mau tnya ni...masalah efek suara.punya saya udh ok smua,tpi saat join,suara org yg saya join jadi double suara.bagaimna cara menormalkan suaranya...

    BalasHapus
  60. Saya jg sama begitu jg,ga cuma join aja jd double musik dan suaranya,bikin oc jg begitu hasilnya..hp sya redmi4 a

    BalasHapus
  61. Knpa y kalo pake hensed biasa singkron tp kalo pake hensed bluetooth suaranya ketinggalan jauh....

    BalasHapus
  62. Babangflash..saya pake samsung J6+ untuk smule kok suaranya keras pelan sendiri ya...udah gitu ada kresek2..padahal.udah ganti2 headset sampai 5 headset sama semua..mohon solusi dong..

    BalasHapus
  63. Mau tanya bang.. Knp ya.. Headsetnya itu bawaannya hp. Hpku vivo v11 bru beli kmarin. Klo di buat nynyi itu videonya agk lemot terus suaraku itu klo dibuat nyanyi kyak ada suara ngiiingg.. Gitu.. . Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  64. coba cari lagu yg lain dulu, 2 - 3 lagu, klaau masih tidak bisa, coba hapus data smulenya lalu update ulang smulenya.
    kalau masih nggak ngefek, setting dibagian mic dan headset dipengaturan hp. tiap hp beda-beda, silahkan eksperimen sendiri .

    terima kasih kunjungannya.

    BalasHapus
  65. Swlamat malam pak.. ijin mohon informasi... sy pake hape samsung note8 pas rekaman di layar bag bawah ada setelan volume..ttp mengapa di hape istri sy (samsung s7) kok ga ada setelan volume ya waktu rekaman.. ? (Catatan: klo ada tombol vol nya lebih nyaman..krn suara kita muncul di headset shg lebih mudah ngontrol suara kita sendiri waktu merekam) ...terimakasih sebelumnya atas pencerahannya..

    BalasHapus

Semua Komentar Yang Masuk Akan Melewati Proses Moderasi Admin.
So.. Berkomentarlah dengan Cerdas !!!
Terima Kasih

Regards: babangflash™