Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Aman Membuat Website Untuk Pemula 1 Hari Jadi Step by Step

Bagi kamu yg merasa pemula dalam dunia webmaster, tentu perihal membuat dan membangun website merupakan sebuah kesulitan.

Kabar baiknya kesulitan tersebut sudah tak berlaku di era Milenial ini, karena banyak sekali tawaran jasa dalam pembuatan website, oleh karena itu kamu dapat meng-hire/memperkerjakan mereka untuk melakukan tugas dalam membuat website yg kamu inginkan.
cara membuat website dan mudah untuk pemula dengan wordpress step by step, dijamin 1 hari langsung jadi tanpa pakai ribet
Source: jagatplay.com
Akan tetapi biaya jasa tersebut relatif mahal, dan parahnya lagi biaya jasa maintenancenya akan berangsur-angsur mahal, seperti cara meningkatkan visitor, page rank google, optimasi template dan segala macam.
Tenang saja, artikel ini hadir membantu kamu menyelesaikan masalah tersebut.
Tidak etis rasanya, jika kamu meng-hire jasa webmaster, tapi kamu tak memahami seluk beluk dalam membangun website (Minimal dasar-dasarnya), bisa saja kamu di kadalin dengan biaya gono gini dari Sang pemberi Jasa hehe.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu wajib catat point-point dibawah ini, agar tidak kelabakan pada saat pertama membuat website, dan sebagai dasar acuan kamu agar tidak tertipu ketika memesan jasa pembuatan website:

1. Pastikan Kamu sudah memiliki Ide konten yg akan di isi dalam website mu !
Ini penting, karena website yg kamu buat akan mendapatkan action dari calon pembaca atau pengunjung, mau itu action nya  komentar, pendaftaran, atau pembelian barang (Jika websitemu akan di jadikan toko online)
cara membuat website dan mudah untuk pemula dengan wordpress step by step, dijamin 1 hari langsung jadi tanpa pakai ribet
Source: hipwee.com
Jika sudah menentukan Ide, kamu harus menentukan ceruk pasar kontenmu atau biasanya disebut niche.

Hal ini berguna untuk konten/artikel mu lebih spesifik pada pembahasan yg dicari para netizen google dll.

Sebagai contoh, kamu memiliki Ide konten website sebagai blog, lalu kamu memilih niche Traveling, otomatis konten artikel yg wajib kamu sajikan adalah seputar Destinasi Wisata, kuliner, tradisi dan atau tips-tips traveling.

Kebetulan saya juga membangun website ber-Niche Traveling dengan CMS Wordpress, kamu  bisa melihatnya di gofalatrip.com

2. Jika kamu sudah menentukan Ide dan Niche, saatnya untuk melakukan pengecheckan Domain, sebagai alamat domain mu nanti, seperti alamat domain berikut https://www.guidofamula.com.

Dalam menentukan nama domain harus difikirkan secara matang: Singkat, Mudah disebut/ditulis/diingat, mewakili brand atau konten kamu.

Jika kamu bingung dengan brand apa yg ingin kamu jadikan sebagai nama domain, saran terbaik adalah gunakan singkatan atau akronim nama lengkapmu, seperti gofalatrip.com merupakan akronim nama saya sendiri Guido Famula, sedangkan Trip adalah hobby atau minat saya dalam dunia traveling.

Dalam pemilihan domain biasanya dikenakan kontrak pertahun, kisaran 98 ribu – 300 ribuan. Saran terbaik adalah menggunakan TLD .com, selain harga nya yg murah, domain .com juga sangat familiar dikalangan netizen.

Sehingga calon pengunjung merasa tak khawatir berselancar di websitemu, jika websitemu menggunakan TLD .com, otomatis akan terlihat kredibel atau terpercaya.

Kabar baiknya, ada juga loh penyedia domain yg gratis tanpa biaya sewa, dengan syarat kamu hanya melakukan order hosting.

Karena judul pada artikel ini “LANGKAH MEMBUAT WEBSITE” (bukan hanya seputar blog), kamu wajib menyewa atau membayar hostingan, dimana setiap membeli hosting akan mendapatkan gratis Domain, pengertian self hosting adalah sewa hosting sendiri.

Berbeda dengan kamu yg mendaftar di blogger.com/blogspot, hostingan gratis diberikan oleh pihak google, akan tetapi dengan fitur yg sangat terbatas !!

Jika kamu membuat website dengan hostingan sendiri, kamu akan merasa puas pada layanan server yg disajikan, hanya dalam beberapa hari artikel atau konten mu dapat dengan mudah terindex dan nangkring di halaman 1 - 3, belum lagi nilai alexa page rank website mu akan mengecil. 

Walaupun sebenarnya banyak faktor untuk mendongkrak ranking websitemu, tapi ya salah satunya platform hostinganmu yg mendukung, apa itu? Yaa layanan server hosting yg ajib !!
Ingat ! walau blogger.com punya google, mbah google lebih menyukai konten dari website self hosting.
Kamu rasakan perbedaannya,, dijamin tidak rugi untuk kamu yg berniat berinvestasi ke sebuah website self hosting.

Tentu muncul dibenakmu, dimana rekomendasi terbaik dan harga bersahabat terkait pemilihan domain?

Saran terbaik Pilih Domain di Hostinger 

Lalu setelah pengcheckkan domain selesai, apa yg harus dilakukan?

Oh Iya, jangan lupa, Baca Juga: 7 Daftar Layanan Hosting Terpercaya 100 % Garansi Uang Kembali

3. Kamu wajib memilih layanan hosting dengan penjelasan yg sudah dijabarkan pada laman ini: Panduan lengkap pemilihan Web Hosting
Hostinger Hosting Plan


4. Setelah selesai melakukan pembelian hosting, saatnya kamu melakukan pemilihan platform untuk membuat website, sangat disarankan untuk menggunakan CMS Wordpress.

Selain mudah, wordpress juga dikenal dengan ragam fitur dan plugin, cocok  bagi kamu yg ingin memulai toko online, karena kamu bisa menggunakan salah satu plugin popular yaitu WooCommerce.
cara membuat website dan mudah untuk pemula dengan wordpress step by step, dijamin 1 hari langsung jadi tanpa pakai ribet
Source: idwebhost.com
Kamu tidak dituntut untuk menjadi master coding html dll, yg kamu lakukan cukup membaca kegunaan dari plugin-plugin yg tersedia di wordpress tersebut.

Setelah semuanya selesai, kenali passionmu guna sebagai kendali website, mau dibawa kemana dan untuk apa website yg akan dibangun tersebut?

Jika kamu bingung, jangan pernah bosan andalkan google untuk mencari solusi permasalahan mu.
Akan lebih baik jika kamu sudah terdaftar di Hostinger, karena kamu akan dibimbing dan diarahkan terkait dengan kebingungan. Live Chat Online 24 Jam Nonstop !!
Bagaimana, apa lagi yg kamu khawatirkan ?? 
Tenang saja, semuanya dijamin aman, jika kamu mengikuti step by step yg dibagikan di atas, kredibilitas blog ini yg jadi jaminannya.

Sekian artikel kali ini, jika kamu memiliki pertanyaan atau kritik dan saran, bisa kamu cantumkan pada kolom komentar.

Terima kasih, happy blogging !

Posting Komentar untuk "Langkah Aman Membuat Website Untuk Pemula 1 Hari Jadi Step by Step"