Flash Tips - Mengontrol Objek Dengan Keyboard
Babang Flash - Flash Tips - Mengontrol Objek Dengan Keyboard - Selamat datang di babang flash. Kali ini saya akan membagikan tentang membuat control game flash dengan keyboard, mungkin anda berfikir ketika membuat atau mendesain suatu objek di flash, bagaimana agar objek yang anda buat bisa di kontrol dengan keyboard, terlebih jika anda membuat sebuah game ?
Tutorial dan tips kali ini, bisa di gunakan pada software flash pro 8 dan di atasnya, dan tidak terlalu banyak menggunakan kode script.
saya tegaskan bahwa tutorial ini hanya sekedar dasarnya saja, selebihnya bisa anda kembangkan sendiri, dikarenakan saya belum terlalu pandai dalam membuat game, hehehe. kalau ada pun, game nya hanya sederhana,
Baiklah, langsung saja ke pokok tutorial, semoga bermanfaat:
Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
Tutorial dan tips kali ini, bisa di gunakan pada software flash pro 8 dan di atasnya, dan tidak terlalu banyak menggunakan kode script.
saya tegaskan bahwa tutorial ini hanya sekedar dasarnya saja, selebihnya bisa anda kembangkan sendiri, dikarenakan saya belum terlalu pandai dalam membuat game, hehehe. kalau ada pun, game nya hanya sederhana,
Baiklah, langsung saja ke pokok tutorial, semoga bermanfaat:
- Buka program flash anda, disini saya menggunakan program Flash pro 8.
- Klik frame 1 pada layer 1, desain gambar seperti gambar dibawah ini.
- Klik kanan pada gambar bola, lalu pilih convert to symbol > plih movieclip > ok.
- Setelah gambar pada bola telah diconvert menjadi movie clip, klik kanan lagi pada gambar bola pilih action / bisa juga dengan menekan F9. sehingga panel action script muncul.
- Tuliskan script seperti dibawah ini, pada script pane flash anda.
- Sekarang coba anda play test, dengan menekan tombol ctrl+enter. Jika sudah berhasil hiasi media tersebut dengan sound click yang bagus, baca tutorial menambah sound click pada button
onClipEvent (enterFrame) {
//Config control::::Jika tombol kiri ditekan, maka object akan bergerak ke kiri dengan kecepatan 20 frame.
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
this._x -= 20;
//Config control::::Jika tombol kanan ditekan, maka object akan bergerak ke kiri dengan kecepatan 20 frame.
} else if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
this._x += 20;
//Config control::::Jika tombol atas ditekan, maka object akan bergerak ke kiri dengan kecepatan 20 frame.
} else if (Key.isDown(Key.UP)) {
this._y -= 20;
//Config control::::Jika tombol bawah ditekan, maka object akan bergerak ke kiri dengan kecepatan 20 frame.
} else if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
this._y += 20;
//Config control::::Jika tombol spasi ditekan, maka object akan melebar dengan kecepatan 20 frame.
} else if (Key.isDown(Key.SPACE)) {
this._width += 30;
//Config control::::Jika tombol backspace ditekan, maka object akan menyusut dengan kecepatan 20 frame.
} else if (Key.isDown(Key.BACKSPACE)) {
this._width -= 30;
//akhir config
}
}
Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
terimakasi tutorialnya gan mantapz
BalasHapusTerima kasih mas Eky.
HapusSemoga artikel ini bermanfaat yah :)