Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dasar Media Flash

Belajar macromedia flash 8 bagi pemula ?  Macromedia flash merupakan suatu program (perangkat lunak) animasi yang digunakan untuk membuat sebuah desain profesional yang dinamis, banyak beberapa pembuat iklan maupun pembuat film, dan pembuat web menggunakan Macromedia flash sebagai salah satu program utama dalam mendesain sesuatu. Dalam wikipedia juga menyebutkan bahwa " Adobe flash player atau Macromedia flash merupakan program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool proffesional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan membangun ".


Banyak yang menggunakan Flash sebagai tool dalam pembuatan media, baik itu untuk keperluan presentasi, belajar mengajar, membuat logo dalam keperluan web atau semacamnya, tugas mahasiswa, dll, karena banyak hal yang bisa digunakan dalam flash tersebut. Tidak kalah menariknya lagi, ternyata flash juga bisa digunakan sebagai program pembuatan game, serta pembuatan animasi kartun.
Mungkin telah banyak ditemukan di beberapa tutorial macromedia flash 8 pdf.


Aplikasi flash juga dijadikan sebagai suatu standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik, banyak fitur-fitur baru dalam flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal (wikipedia).


Semoga penjelasan diatas mengenai Macromedia flash atau Adobe Flash dapat dipahami.


Sudah tahukah anda kegunaan tool-tool yang ada pada Flash?
Baiklah, perhatikan penjelasan dibawah ini:
Pastikan anda, sudah menginstal program Macromedia Flash, disini saya menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. jika anda belum mempunyai atau menginstal Macromedia Flash Profesional 8, silahkan anda download sendiri, setelah itu anda instal dikomputer anda, ( Program Flash bisa didownload secara gratis ). Jika sudah sudah membuka program, pilih flash document.
Belajar macromedia flash 8 bagi pemula ?
Perhatikan gambar dibawah ini, sebagai bahan tutorial macromedia flash 8 membuat media pembelajaran, dimana nanti akan ditemukan fungsi convert to symbol pada macromedia flash, fungsi insert scene dalam dalam macromedia flash dan fungsi timeline pada macromedia flash.
Dasar Media Flash.. Macromedia flash merupakan suatu program (perangkat lunak) animasi yang digunakan untuk membuat sebuah desain profesional yang dinamis,..
Tampilan Macromedia Flash Profesional 8
  1. Judul Lembar Kerja ( Title Bar )
    Merupakan nama judul lembar kerja anda yang sedang anda buka atau kerjakan.
  2. Daftar Menu
    Daftar menu digunakan sebagai alat kerja anda, terdiri dari ( File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Commands, Control, Window, Help ) masing-masing menu tersebut memiliki sub menu yang dapat anda pilih dan gunakan.
  3. Garis Waktu ( Timeline )
    Garis waktu berfungsi untuk mengatur frame gambar yang telah dibuat, atau mengontrol isi dokumen yang akan dijadikan frame, bar timeine juga berfungsi untuk mengatur animasi dalam layer dan frame, untuk penjelasan dalam hal animasi.
  4. Navigasi Panel
    Digunakan untuk mengatur warna, library, lembar kerja yang akan kalian gunakan dan buat.
  5. Panel Tool
    Pada panel tool ini, mungkin buat anda yang sering menggunakan photoshop akan mengerti dengan kegunaan tool di Macromedia Flash, karena tool disini berguna sebagai tool mengambar atau membuat dokumen yang akan anda kerjakan.
  6. Lembar Kerja
    Sesuai dengan namanya, lembar kerja merupakan sebagai kertas atau medium yang kalian gunakan dalam membuat dokumen maupun animasi gambar.
Setelah anda memahami tentang dasar-dasar panel Macromedia Flash diatas, sekarang anda mencoba untuk membuat satu lembar kerja baru, dengan memilih menu modify>document atau tekan tombol pada keyboard ctrl+j, disini anda akan mengatur lembar kerja yang akan anda buat, 
perhatikan gambar dibawah ini seperti materi macromedia flash 8 pdf pada umumnya:
Dasar Media Flash.. Macromedia flash merupakan suatu program (perangkat lunak) animasi yang digunakan untuk membuat sebuah desain profesional yang dinamis,..
Settingan lembar kerja
  1. Masukkan title atau nama lembar kerja anda pada kolom title, serta masukan deskripsi lembar kerja dikotak description, setting ukuran dimensions lembar kerja pada kolom width (lebar) dan height (tinggi) sesuai dengan kebutuhan anda.
  2. Frame rate berguna untuk menyetting kecepatan frame dalam pergantian frame dilembar kerja anda ( fps= Frame per second ).
  3. Background color, digunakan untuk memberi warna belakang pada lembar kerja anda.
  4. Ruller units berguna sebagai penggaris yang ada dalam lembar kerja anda nanti, jadi Ruller units berguna untuk anda mendesain sesuatu di lembar kerja anda, setting sesuai selera/kebutuhan anda, settingan Ruller units terdiri dari Inches, Inches (decimal), Points, Centimeters, Milimeters, dan Pixels.
Jika sudah selesai menyeting lembar kerja baru anda, sekarang cobalah untuk membuat/menggambar sesuatu pada lembar kerja anda.
Latihan dengan mengikuti contoh gambar dibawah ini sebagai materi macromedia flash 8 pdf:
Dasar Media Flash.. Macromedia flash merupakan suatu program (perangkat lunak) animasi yang digunakan untuk membuat sebuah desain profesional yang dinamis,..
Contoh Gambar Balok 
Bagaimana? mengasikkan bukan? dan satu lagi, untuk gambar diatas, terdapat angka yang saya lingkari berwarna merah, angka tersebut merupakan kegunaan dari Ruller units, yang telah saya jelaskan diatas.
Belajar macromedia flash 8 bagi pemula ?
Sekian penjelasan tentang Pengenalan Dasar Media Flash yang kedepannya akan dibuatkan tutorial macromedia flash 8 pdf nya, kurang dan lebihnya saya minta maaf.
Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Pengenalan Dasar Media Flash"

  1. Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

    Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di kumpulan tutorial-tutorial gratis

    BalasHapus

Semua Komentar Yang Masuk Akan Melewati Proses Moderasi Admin.
So.. Berkomentarlah dengan Cerdas !!!
Terima Kasih

Regards: babangflash™