Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flash - Cara Buat Game Kuis Edukasi

Babang Flash - Flash - Cara Buat Game Kuis Edukasi - Selamat datang di babang flash, pada postingan kali ini, saya ingin membagikan sedikit informasi dan ilmu dalam penerapan media flash untuk membuat game kuis edukasi ( flash quiz games ).

Mengacu pada tema postingan, yaitu tentang game kuis edukasi, saya ingin menjelaskan sedikit pengertian game edukasi, adapun pengertian nya sebagai berikut: Game edukasi merupakan sebuah perangkat game / permainan yang dikemas dalam konteks pendidikan atau bisa dibilang menjurus ke hal yang mendidik.
Spoiler: Dari pada Smartphone kalian digunakan untuk hal yang monoton, ada baiknya nyoba aplikasi Whaff Rewards, Selain aplikasi ini memberikan imbalan dollar pada penggunanya, aplikasi ini juga dapat menambah referensi aplikasi android terbaru, jadi lumayan toh, dapat informasi + dapat dollar (income passif), baiklah langsung baca artikel: Cara Mudah Dapat Uang Dengan APP WHAFF Rewards Android
Adapun menurut Papert (1993) mengemukakan bahwa "notes that software games teach childreen hat some forms of learning are fast-paced, immensely compelling and rewarding where as by comparison school strikes many young people as slow and boring." ( bahwa software game untuk mengajar anak-anak baik untuk kecepatan pemahaman dan sangat menarik serta bermanfaat, ini merupakan sebagai perbandingan cara belajar disekolah yang lama dan membosankan ).

Didalam membuat kuis flash, tidak sesulit yang dibayangkan, hanya di butuhkan kemauan dan sedikit waktu luang, adapun yang perlu anda siapkan, adalah:
  • Aplikasi flash, baik itu flash pro 8, Adobe flash CS 3, CS 5, dan CS 6, anda bebas mau menggunakan yang mana saja, sebenarnya untuk membuat kuis flash bisa menggunakan aplikasi power point, hanya kali ini saya ingin mencobanya dengan adobe flash.
  • Materi sebagai bahan yang digunakan untuk di jadikan soal game kuis.
  • Mental +++ :) .
Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, simak baik-baik langkah pembuatan nya dibawah ini,
  1. Buka program flash, bisa macromedia flash atau yang terbaru seperti adobe flash > pilih flash document. setting stage/lembar kerja sesuai keinginan, disini saya menggunakan stage dengan width 550 px dan height 400 px.
  2. Pada layer 1, ubah nama layer menjadi background (Optional), agar pada saat mengelompokkan layer tidak membuat anda bingung. hias dan warnai sesuka hati anda pada layer background. dalam mengubah warna background, anda bisa menyetting nya melalui document properties atau dengan membuat gambar segi empat untuk menutupi background.
  3. Jika telah selesai membuat background, buat layer baru, dengan nama “text” (Optional), pada layer text, anda bisa se-kreatif mungkin untuk membuat kata pengantar kuis, agar lebih menarik.
  4. Masih pada frame 1, buat layer baru, beri nama “button” (optional), setelah itu pada bagian panel atas flash, klik windows > common libraries > Button. banyak pilihan button yang bisa anda gunakan sesuai dengan selera anda. gunakan button dengan cara drag n drop.
    Membuat, Kuis Game Flash, quiz games, Game edukasi merupakan sebuah perangkat  game / permainan yang dikemas, flash untuk membuat game edukasi (quiz games )
    Tampilan menu awal quiz games
  5. Setelah mendesain background dan tata letak nya selesai, klik gambar button yang barusan anda buat, klik kanan > action, maka menu properties akan muncul, sekarang isi instance name pada button dengan nama “enter” (optional). Kegunaan instance name, bisa dibilang sebagai variabel dalam melaksanakan action script.
  6. Simpan project anda, ctrl+s.
  7. Pada bar layer, buat layer baru, dan beri nama script atau scr (optional), disini saya menggunakan nama “scr”, klik kanan pada frame 1 layer “scr”, plih action script / tekan F9.
    Membuat, Kuis Game Flash, quiz games, Game edukasi merupakan sebuah perangkat  game / permainan yang dikemas, flash untuk membuat game edukasi (quiz games )
    Tampilan Script Pane quiz games
    stop( ); 
    var benar = 0; 
    enter.onPress = function( ){ 
    nextFrame( ); 
    };
    Pada kalimat yang berwarna merah tersebut, bersifat optional (tidak wajib), semua tergantung situasi anda membuat instance name sebelumnya, kalau kita lihat bahwa var benar = 0 (variabel dari benar, disetting dari 0).
    Merupakan script yang membuat bergantinya frame, ketika anda mengklik tombol/button “enter”. “enter” disini bersifat optional, karena mengikuti instance name pada button yang barusan dibuat. Sedangkan script stop ( ); berfungsi untuk menyetting frame agar berhenti/stand by, frame hanya melakukan animasi/berganti frame jika dikondisikan dengan menekan tombol “enter”.


  8. Klik kanan frame 2 pada layer background, pilih insert keyframe.


  9. Klik frame 2 pada layer text, sembari menahan tombol shift pada keyboard anda, > klik pada frame 2 layer scr dalam posisi menahan tobol shift > lepaskan tombol shift, maka frame 2 layer text akan ter-block sampai pada frame 2 layer scr > klik kanan pada frame yang terblock > Insert Blank keyframe.


  10. Sekarang tugas anda, membuat form identitas siswa dalam pengisian soal. Seperti pada gambar dibawah ini.
    Membuat, Kuis Game Flash, quiz games, Game edukasi merupakan sebuah perangkat  game / permainan yang dikemas, flash untuk membuat game edukasi (quiz games )
    Tampilan ketika player mengisi identitas diri

    Keterangan penjelasan:
    Buat kalimat dengan text tool “ isi identitas anda dibawah ini, dengan jujur” > lakukan klik kanan pada hasil tulisan tersebut, anda pilih action > pilih type tulisan dengan static text dan anda bisa mengedit sesuai selera pada font kalimat tersebut. Static text sama berlaku nya dengan “nama lengkap” dan “kelas”. Pada bagian kolom nama lengkap, anda masih tetap menggunakan text tool, klik pada bagian yang anda inginkan untuk letak kolom tersebut, setelah itu anda klik kanan pada bagian kolom yang baru anda buat, ubah type text menjadi input text > atur kesesuaian lebar dan tinggi kolom tersebut.  Input text sama berlakunya dengan kolom kelas. Setelah menyetting kolom nama dan kelas dengan input text, jangan lupa untuk menyisipkan variabel, variabel pada nama lengkap, saya beri var “nama”, sedangkan untuk kelas, saya beri var “kelas”
Baca juga Cara Buat Game Tebak Kata Dengan Flash
Untuk kelanjutan tutorialnya, bisa anda baca selengkapnya dengan men- download gratis di E-Book Cara Buat Game Kuis Edukasi.

Sekian artikel tentang flash - cara buat game kuis edukasi, kurang dan lebihnya saya minta maaf.
Semoga tutorial ini dapat dimanfaatkan dengan baik.
Terima Kasih.

26 komentar untuk "Flash - Cara Buat Game Kuis Edukasi"

  1. Link downloadnya mati tuh gan...
    kalau udah Hidup lagi, ntar ane download ebooknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link sudah di perbaiki gan.. silahkab agan download...
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Wah jadi ingat waktu jaman kuliah kemaren sempet ngajar bikin flash untuk anak sekolah, dikembangin lagi gan artikelnya pake part biar cakep :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih saran nya gan,, saya masih termasuk pemula dalam menggunakan flash.. untuk hal-hal tutorial yang saya bagikan, hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan eksperimen otodidak, hehee.
      sekali lagi terima kasih.

      Hapus
  3. wah pas saya ujuan praktek MM dulu juga ada di suruh buat media dari flash gan

    BalasHapus
  4. penjelasannya lengkap banget nih, tapi ane langsung download ebooknya aja
    makasih udh di share min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas opick..
      Silahkan mas,, terima kasih ya atas kunjungannya.
      Sehat selalu

      Hapus
  5. wahh keren gan, dulu ane pernah coba pake ppt, ternyata bisa juga pake flash. thankss gan, dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. pake PPT justru lebih simple, tetapi kalau ingin yang lebih yahut, ya gunakan engine flash aja gan.
      Terima kasih kunjungannya

      Hapus

  6. Baik sekali.. ini yg say cari.. Trims info nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.. terima kasih juga atas kunjungannya.
      Salam sukses

      Hapus
  7. Postingan menarik mas, jadi bisa buat sendiri

    BalasHapus
  8. Nah postingan bagus ini, dari dulu ane pengen bisa buat game tp gak ngerti caranya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan?
      semoga saja setelah membaca tutorial game edukasi ini, bisa dapat pencerahan yg lebih baik.
      good luck

      Hapus
  9. keren juga tuh kan,mau nyoba nih buat iseng" buat game kuis begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia bener gan.. iseng-iseng berhadiah.
      Apalagi kalau sampai jadi developer game android.
      Sukses selalu gan

      Hapus
  10. Izin praktek gan, mumpung nganggur

    BalasHapus
  11. terima kasih untuk ilmunya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali atas kunjungannya di babang flash.
      Salam sukses.

      Hapus
  12. Balasan
    1. Yo'i. sama-sama gan.
      Baca juga artikel menariknya lainnya di babang flash gan (y)

      Hapus
  13. trims gan, sangat membantu (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, terima kasih juga atas kunjungannya

      Hapus
  14. Gan, sy sudah coba ikuti semua, tp kenapa pas di frame 13 tidak muncul hasil nilai-nilainya ya?

    BalasHapus

Semua Komentar Yang Masuk Akan Melewati Proses Moderasi Admin.
So.. Berkomentarlah dengan Cerdas !!!
Terima Kasih

Regards: babangflash™