Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kotak Seperti Game Mario Flash

Babang Flash - Cara Membuat Kotak Seperti Game Mario Flash - Selamat datang kembali di babang flash, kali ini saya akan melanjutkan tutorial dalam pembuatan game mario bross, disarankan buat anda yang belum mengikuti tutorial sebelumnya, untuk membaca dan menyimak dahulu Tutorial Membuat Game Flash Mario Bross.
Untuk tutorial yang ke-2 ini, saya akan membagikan cara untuk membuat kotak dalam background mario bross. seperti dibawah ini.

Baiklah, perhatikan langkah-langkah dibawah ini.
  1. Buka program Adobe Flash anda, saya sarankan untuk menggunakan Adobe Flash CS 5 ke atas.
  2. Siapkan file .fla yang telah anda buat seperti pada tutorial 1.
  3. Pada layer "ground", double klik pada gambar "tanah", yang telah anda buat.
    Pada layer "ground", double klik pada gambar "tanah", yang telah anda buat.

  4. Buat sebuah kotak, untuk masalah letak kotak, terserah anda mau simpan dimana, asal bisa di lompati figure mario bross.perhatikan gambar dibawah ini.
    Buat sebuah kotak, untuk masalah letak kotak, terserah anda mau simpan dimana, asal bisa di lompati figure mario bross.perhatikan gambar dibawah ini.
  5. Setelah anda membuat kotak seperti yang perintah kan, coba anda play test, dengan menekan ctrl+enter. Apakah figure mario dapat menginjak kotak tersebut? Apakah figure mario tembus ketika menanduk kotak tersebut? jika masalah nya mario tembus saat menanduk kotak, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  6. Klik layer player, dan double klik pada figure mario tersebut, buat layer baru, tutupi kepala mario dengan gambar kotak, klik pada penutup kepala mario tersebut, connvert to symbol > movie clip,seperti gambar dibawah ini.
    Klik layer player, dan double klik pada figure mario tersebut, buat layer baru, tutupi kepala mario dengan gambar kotak, klik pada penutup kepala mario tersebut, connvert to symbol > movie clip,seperti gambar dibawah ini.
  7. Masih menyangkut pada langkah ke-6, isi instance name pada penutup kepala mario, disini saya memberikan instance name "kepala" ( hanya optional, tidak wajib ).
    Masih menyangkut pada langkah ke-6, isi instance name pada penutup kepala mario, disini saya memberikan instance name "kepala" ( hanya optional, tidak wajib ).
  8. Mungkin anda terganggu dengan warna yang ada dikepala mario, untuk mengatasi ini, anda harus mengklik pada panel properties > color effect > pada kolom style pilih alpha > setting alpha menjadi 0%, seperti pada gambar dibawah ini.
    Mungkin anda terganggu dengan warna yang ada dikepala mario, untuk mengatasi ini, anda harus mengklik pada panel properties > color effect > pada kolom style pilih alpha > setting alpha menjadi 0%, seperti pada gambar dibawah ini.
  9. Sekarang kembali lagi pada kotak yang dibuat barusan, klik kotak tersebut, dan masuk pada script pane, atau bagian Action Script, atur script seperti gambar dibawah ini.
    Sekarang kembali lagi pada kotak yang dibuat barusan, klik kotak tersebut, dan masuk pada script pane, atau bagian Action Script, atur script seperti gambar dibawah ini.
  10. Jika script tersebut tidak jelas, atau tidak bisa di copy, anda bisa lihat script dibawah ini dan meng-copynya.

// Konfigurasi, bahwa selama game ini berjalan onClipEvent
onClipEvent(enterFrame){ 
// Melanjutkan perintah dari enterFrame, bahwa akar atau dasar figure instance name mariobross dan kepala di kondisikan menjadi hitTest, dalam 1 rangkap di panggil this, sehingga ketika mario menyentuh kotak tadi, menjadi terhambat atau terbentur hingga terpantul.
if(_root.mariobross.kepala.hitTest(this)){ 
// Memanggil gerakan yang di frame 2 anda, dengan kecepatan koordinat _y mencapai 40 FPS frame per second, begitu juga grav nya di set menjadi 20 FPS 
this.gotoAndStop(2); 
_root.mariobross._y += 40; 
_root.grav = 20; 
}

Jika telah selesai menuliskan script seperti script diatas, coba anda check syntax nya, dengan meng klik gambar checklist pada script pane anda.
Jika tidak ada masalah, sekarang anda coba test play, dengan menekan tombol ctrl+enter.
semoga hasilnya sama seperti contoh yang saya buat diatas.

Anda bisa menambah banyak kotak, dan menghias background nya se-indah mungkin, agar game mario bross anda terlihat rapi dan pro :) .

Untuk tutorial ke-3, saya berencana untuk membuat kotak tersebut mengeluarkan item. jadi sinopsis nya begini, jika mario menabrak salah satu kotak yang ada gambar tanda tanya atau apalah, maka kotak tersebut akan mengeluarkan item, entah itu item pembesar badan atau item yang membuat mario bisa mengeluarkan tembakan, dan akan membuat beberapa kotak yang jika di tanduk mario akan hancur. buat anda yang pernah memainkan game mario bross, pasti paham maksud saya.

Sekian artikel Cara Membuat Kotak Seperti Game Mario Flash, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.
Semoga bermanfaat, terima Kasih.

3 komentar untuk "Cara Membuat Kotak Seperti Game Mario Flash"

  1. Keep posting gan...
    Coz tutorialnya mudah diikuti, tapi sayang blom ada waktu untuk praktekin.. :)

    BalasHapus
  2. Tutorial ketiga ,kapan update ka?

    BalasHapus

Semua Komentar Yang Masuk Akan Melewati Proses Moderasi Admin.
So.. Berkomentarlah dengan Cerdas !!!
Terima Kasih

Regards: babangflash™