Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Camtasia #1 Pengenalan Tools dan Fitur Bagi Pemula Editing Video

Tutorial Camtasia #1 Pengenalan Tools dan Fitur Bagi Pemula Editing Video - Hai... pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang ilmu-ilmu dalam mengedit video, entah itu video musik, video parodi, video pendek, atau video blogger yang ngetrend dipanggil VLOG :) .

Namun berhubung artikel kali ini merupakan pembahasan pertama atau tutorial pertama dalam materi editing video (Tutorial camtasia #1). Maka saya akan memulainya dari pengenalan tools dan fitur bagi pemula.

Karena sebelum kalian masuk lebih jauh dalam project editing video pada camtasia, kalian harus mengetahui dulu tentang kegunaan tools, fitur, dan panel-panel pada camtasia.
Yaaa... minimal kenalan dulu lah :).

Untuk software camtasia yang saya gunakan adalah camtasia version 8.3.
cara menggunakan camtasia studio 8 | tutorial menggunakan camtasia | tutorial aplikasi camtasia | camtasia callouts tutorial | tutorial dasar camtasia

Baiklah tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasan dibawah ini:
cara menggunakan camtasia studio 8 | tutorial menggunakan camtasia | tutorial aplikasi camtasia | camtasia callouts tutorial | tutorial dasar camtasia
Tampilan lembar kerja camtasia version 8.3
Gambar di atas merupakan tampilan dari lembar kerja camtasia ketika dibuka. 
Dimana "source" merupakan tempat data-data dan bahan yang kelak digunakan untuk mengisi "timeline" yang ada dibawah.

Setelah kalian meletakkan atau drag n drop bahan yang ingin kalian gunakan sebagai editing video, maka pratinjau akan tampak di panel yang telah saya beri nama "program".

Tentu kalian bertanya, apa kegunaan dari panel-panel lainnya, seperti clip bin, library, callout, dll.
cara menggunakan camtasia studio 8 | tutorial menggunakan camtasia | tutorial aplikasi camtasia | camtasia callouts tutorial | tutorial dasar camtasia
Source Panel Camtasia
1. Record the screenmerupakan panel yang berguna untuk merekam layar screen komputer kalian, misalnya kalian dapat merekam kegiatan kalian selama memainkan game dikomputer (semacam aktivitas youtuber pewdiepie atau reza oktovian gitu lah) atau kalian juga bisa merekam layar monitor untuk membuat sebuah video tutorial, Baca juga artikel tentang Cara Mudah Merekam Layar Komputer

2. Import media: berguna untuk mengambil bahan video, audio atau image dari disk komputer kalian.
Produce and share: berguna untuk mempublikasi / rendering video yang telah selesai kalian edit / siap untuk di produksi.

3. Clip bin: merupakan tempat katalog / arrange bahan video, audio, atau image yang telah diambil dari import media.

4. Library: berguna sebagai template, alias sebagai gudang bahan seperti musik, image, atau title screen animasi, yang dapat kalian gunakan secara gratis tis. (berguna sebagai sampel untuk latihan editing video).

5. Callouts: berguna untuk membuat shapes atau text sebagai bahan dasar untuk membuat sebuah animasi.

6. Zoom n pan: dari namanya saja, kalian pasti sudah tahu ! karena panel ini berguna untuk membuat zoom in dan zoom out pada video yang kalian edit.

7. Audio: berguna sebagai panel dalam menyetting audio / suara pada video.

8. Transitions: berguna untuk membuat animasi transisi antara 1 frame / bagian video ke frame berikutnya. Jika kalian pernah menggunakan windows movie maker, maka kalian akan terbiasa dengan yang namanya transitions.
Baiklah... ke 9 penjelasan panel di atas, hanyalah sebagai garis besar saja.
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menontonnya langsung video tutorialnya dibawah ini.
Sekian Tutorial camtasia kali ini, terus ikuti update artikel ini agar mengetahui tutorial camtasia selanjutnya.

Terima kasih. Jangan lupa bantu share ya :)

Posting Komentar untuk "Tutorial Camtasia #1 Pengenalan Tools dan Fitur Bagi Pemula Editing Video"